Sunday 12 August 2012

Pengertian Akuntansi



Baridwan (1994: 1) mengemukakan bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dan memilih alternatif-alternatif dari suatu keadaan. Littleton (dalam Muhammad, 2002:10) mendefinisikan: “tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.”
“Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan   melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan   adanya   penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut” Soemarsono (2004:3).
Jadi dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi).

0 komentar: