Monday 3 September 2012

Definisi Agama Islam



Berikut beberapa pengertian agama islam yaitu:
Wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT. Kepada Rasul- rasulnya untuk disampaikan kepada segenap ummat manusia sepanjang masa dan disetiap persada.
Suatu sistem aqidah dan tata qaidah yang mengatur segala kehidupan dan penghidupan manusia dalam pelbagai hubungan baik hubungan manusia dengan Tuhannya maupun hubungannya dengan alam lainnya (nabati, hewani dan lain sebagainya). Agama Islam bertujuan keridhaan Allah, rahmat bagi segenap alam, kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Pada garis besarnya, Agama Islam terdiri atas Aqidah, Syariah (yang meliputi Ibadah dalam arti khas dan Mu’amalah dalam arti luas). Agama Islam bersumberkan kitab suci, yaitu kodefikasi wahyu Allah SWT untuk ummat manusia di atas planet bumi dimana bentuk terakhir dari kitab suci tersebut yaitu Al- Quran sebagai penyempurna dari wahyu- wahyu yang diturunkan sebelumnya, sejak manusia digelarkan ke atas persada buana ini yang ditafsirkan oleh sunnah rasulullah saw.

DEFINISI LAIN

  • Mustafa Abdu R- Raziq: Agama (ad-din) peraturan- peraturan yang terdiri dari kepercayaan- kepercayaan dan pekerjaan- pekerjaan yang bertaat dengan keadaan suci, artinya yang membedakan mana yang halal dan haram yang dapat membawa dan mendorong ummat yang menganutnya untuk menjadi suatu ummat yang mempunyai suatu rohani yang kuat. (Ad-Dienu ‘l- Wahyu wa ‘l- Islam, 18- 19 dikutip melalui H. Zaenal Arifin Abbas, Perkembangan Pikiran terhadap Agama, cetakan 3, tahun…h. 32)

  • Syaikh Mahmud Syaltut: Islam itu agama Allah yang diperintahkannya untuk mengajarkan tentang pokok- pokok serta peraturan- peraturannya kepada Nabi Muhammad saw., dan menugaskannya untik menyampaikan agama tersebut kepada seluruh ummat manusia dan mangajak mereka untuk memeluknya (Islam sebagai ‘Aqidah dan Syari’ah, terjemahan H. Bustami A. Gani dan B. Hamdany Ali, Jakarta 1967, h. 15).

  • Majelis ulama persatuan Islam: Ad- Dienu Wahyun Ilahiyyun munazzalun min ‘indi ‘l- Lahi ‘ala Rasuli- Hi liyuballighahu ‘n- Nasa, Agama ialah wahyu illahi yang diturunkan dari Allah kepada Rasul_Nya untuk disampaikan kepada segenap manusia (Mu’tamar Persatuan Islam, 19 September 1953, di Bandung).

  • Mahmud Yunus: Agama itu dalam bahasa Arab ialah addin atau diannah, artinya balasan. Yaumiddin artinya hari balasan, yaitu hari kemudian, hari akhirat, pada hari itu ada pengadilan yang seadil- adilnya yang mana hakikatnya ialah Tuhan Yang Maha Esa (Pendidikan Agam di Sekolah Rakyat, Mimbar Agama No. 1 tahun I, 17 Juni 1950, h. 23).

  • A.      Gaffar Ismail: Islam nama agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Berisi perlengkapan dari pelajaran- pelajaran meliputi (a) kepercayaan, (b) seremoni peribadatan, (c) tata tertib penghidupan pribadi, (d) tata tertib pergaualan hidup, (e) peraturan- peraturan Tuhan, (f) bangunan budi pekerti yang utama, dan menjelaskan rahasia penghidupan kaehidupan yang kedua (akhirat). (“Apakah Islam Itu”, Mimbar Agama, No. 1, Tahun I 17 Juni 1950, h. 37. 40).


Referensi: Anshari, S. Endang, 1986, Wawasan Islam, Jakarta: Rajawali.